Kamis, 19 Maret 2009

Suka duka Jadi anak Komunitas

Beberapa waktu lalu, tepatnya pas hari valentine. Temen-temen kuliah ngadain acara di bandungan, dan karna pas itu aq lagi gag di bolehin main-main, imbas persiapan HVP tiap hari pulang sore menjelang malem, q nolak ajakan temenku dengan alasan udah ada acara sama anak-anak shiratsuki. Apalagi kebetulan valentine hari sabtu. Dan temenku yg kebetulan ngajak kayaknya kecewa sama penolakakanku. Si cowok berkacamata itu langsung nyeletuk

“kamu cuma main sama temen-temen komunitas aja ya”
Jleb!!

Aku cuma bisa diem, sadar slama ini waktuku cuma abis buat shiratsuki. Kalaupun ada waktu kosong pasti keisi sama tugas-tugas kuliah yang seabrek dan sukses bikin tidur jam 4 pagi (berasa kalong). Blum lagi kalau jadi panitia donor darahlah, pameranlah. Dan kalau aku paksain buat sering-sering main sama temen-temen kuliah, aku jadi berasa gag punya rumah.

Disitulah gag enaknya, mau gimana lagi?
Itu konsekuensiku. Dimana aku suka ngejar-ngejar anak-anak buat kumpul dan gag lucu kan kalau aku malah main ma orang lain.
Kadang, emang aku terlalu lupa sama keadaan di luar shiratsuki. Padahal waktuku lebih banyak abis sama temen-temen kuliah.
Senin-kamis sama temen-temen arsitek
Jumat-sabtu sama temen-temen shiratsuki. Itupun hari jumat cuma sama petinggi-petinggi aja.

Bukan mau ngeluh, tapi mau berbagi aja sama temen-temen yang niat mau bikin suatu komunitas. Karena ngurus satu komunitas tu gag mudah. Apalagi kalau posisimu sebagai petinggi (orang-orang yang selalu kena kalau ada kesalahan). Belum lagi kalau ada masalah internal. Kita harus pinter-pinter ngejaga keluarga itu (baca komunitas) tetep utuh. Dan itu susah banget…..


Tapi gag dipungkiri juga punya suatu komunitas tu banyak untungnya
Kita bisa nyalurin hobi kita. Dan dengan sibuknya kita ngurus komunitas itu kita jadi gag punya waktu buat kegiatan yang negatif. Kita bisa jadi lebih terkontrol, lebih bisa banyak belajar tentang arti “saling ngejaga”. Karna komunitas tu kayak keluarga kedua kita. Kalau kamu sampai punya masalah sama salah satu temen satu komunitas itu akan bakal ngerepotin banget. Karna tindakan yang kamu ambil gag boleh beresiko nyebabin disintregasi.
Dan punya komunitas bikin pergaulan kita lebih luas tapi tetap terkontrol. Di Shiratsuki aja ada yang masih SMA, udah kerja, kuliah di sana-sini. Jadi pergaulanku gag ketutup di arsitek Undip aja. Belum lagi dengan orang-orang di luar shiratsuki tapi terhubung dengan shiratsuki.
Simpelnya, punya komunitas emang punya konsekuensi yang besar tapi juga banyak manfaatnya. Pinter-pinternya kita aja ngebagi waktu
Karna kita idup gag cuma untuk komunitas itu aja, tapi kita juga punya tanggung jwab untuk komunitas itu.
Nah lo,bingung kan. Aku sendiri sampai sekarang belum begitu pinter menyikapi keadaan ini. Masih sering diprotes sana-sini.
Tapi itulah hidup, segalanya tentang proses. Proses belajar, proses untuk jadi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar